Sunday, October 11, 2015

PENGENALAN DASAR AKUNTANSI

Saya akan akan mengenalkan dasar-dasar Akuntansi yang sangat penting bagi seorang pemula

Akuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis"


Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis"


Akuntansi sebenarnya mudah.. akuntansi hanya lebih kepada logika dan analisis yang tinggi dari berbagai transaksi-transaksi yang terjadi. hal penting yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut..


1. rumus dasar akuntansi, rumusnya sederhana yaitu :

 Aset = Hutang + Modal

Apa itu Aset (Asset)?


Aset itu adalah kekayaan yang dimiliki oleh usaha kita. Mau berupa  tabungan, surat berharga, tanah, rumah dan lain sebagainya, pokoknya kekayaan yang memang dikelola oleh usaha kita.


Apa itu Hutang (Liabilities)?


hutang adalah Kewajiban suatu badan usaha / perusahaan kepada pihak ketiga yang dibayar dengan cara menyerahkan aktiva atau jasa dalam jangka waktu tertentu sebagai akibat dari transaksi di masa lalu.


Apa itu Modal (Equity)?


Modal merupakan sejumlah dana yang menjadi dasar untuk mendirikan suatu perusahaan, perusahaan menggunakan dana ini untuk membelanjai aktivitas perusahaan dalam menghasilkan produk barang dan jasa

Modal itu setoran dari pemilik. . Mau pemiliknya 1 orang, 10 orang, 100 orang gak masalah.

perusahaan yang sehat adalah perusahaan yang seimbang atau lebih besar asetnya daripada hutangnya


Sekarang kita masuk pada debet kan kredit


Kalo transaksi kita membuat sisi kiri bertambah, maka kita harus memberi label Debet. Sedangkan kalo membuat berkurang, maka kita beri label Kredit.


Kalo transaksi kita  membuat sisi kanan bertambah, maka harus memberi label transaksi kita dengan Kredit. Sedangkan kalo berkurang, maka kita beri label Debet.





                                                    Bertambah                           Berkurang                               

Harta (aset)                                         D                                         K
Utang (Liabilities)                                K                                         D      
Modal (Equity)                                     K                                         D      
Pendapatan (Revenue)                       K                                         D  
Beban (Expenses)                              D                                         K  

SIKLUS AKUNTANSI 




Siklus akuntansi merupakan suatu proses pengolahan data yang terdiri dari urutan transaksi yang berdasarkan bukti transaksi, sehingga dapat menghasilkan informasi laporan keuangan.

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu priode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.


Laporan keuangan itu sendiri terdiri atas :

-  Neraca (Balance sheet) ;
-  Laporan Rugi Laba (Profit & Loss/ Income Statement) ;
-  Laporan Arus Kas (Cash Flows) ;
-  Laporan Perubahan Modal (Statements of Changes Equity) ;
-  Catatan-catatan atas Laporan Keuangan (Notes of Financial Statements)

a. Laporan Neraca (Balance Sheets)
Neraca adalah suatu ihtisar laporan keuangan yang menunjukkan posisi Aktiva atau Assets, Hutang atau Liabilities, dan Modal atau Equity

b. Laporan Rugi Laba (Income Statements)
Laporan Rugi Laba adalah laporan keuangan dari suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode tertentu yang terdiri dari seluruh pendapatan dan beban sehingga menghasilkan nilai laba atau rugi.

c. Laporan Perubahan Modal (Equity Statements)
Laporan Perubahan Modal adalah suatu ihtisar dari laporan keuangan yang mencatat informasi mengenai perubahan modal, yang terdiri dari jumlah Modal disetor awal (Capital Stock), tambahan modal disetor (Paid-in Capital), Saldo Laba Periode Berjalan (Current Earning), dan Saldo Laba Ditahan (Reatained Earning)

d. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statements)
Laporan Arus Kas adalah bagian dari laporan keuangan perusahaan yang dihasilkan dari suatu periode akuntansi yang terdiri dari aliran dana kas masuk dan keluar, yang biasanya dikelompokkan berdasarkan Arus Kas dari Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi, dan Aktivitas Pendanaan.  

e. Catatan atas Laporan Keuangan.
Catatan atas Laporan Keuangan adalah merupakan laporan tambahan catatan informasi yang lebih terperinci mengenai akun tertentu serta memberikan penilaian yang lebih komprehensif dari kondisi laporan keuangan perusahaan.
.

demikian pengenalan dasar-dasar akuntansi yang dapat saya bahas kali ini semoga dapat menambah ilmu dan menginspirasi kita semua....  :)

0 Comments:

Post a Comment

Apakah situs ini membantu silakan komentar di bawah...

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home