Friday, October 23, 2015

Belajar bela diri pencak silat

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bela diri pencak silat

Pencak silat merupakan olah raga beladiri asli indonesia, dapat dimainkan secara perorangan, berpasangan maupun beregu. untuk menguasai beladiri pencak silat sangat diperlukan penguasaan teknik dasar pencak silat. Apakah kamu sudah bisa memperaktekkannya dengan benar ? Nah pada pembahasan kali ini saya mengajak memahami lebih lanjut tentang olahraga bela diri pencak silat. setelah mempelajari materi ini diharapkan kita bisa memahami, menghayati nilai-nilai luhur bela diri pencak silat saperti disiplin, jujur, tanggung jawab, kerja sama, dan toleransi dengan baik dan benar.

1.   Pengertian Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu olahraga bela diri yang terdapat di Indonesia. Karena pencak silat lahir dari bangsa Indonesia, maka perkambanganya dipengaruhi oleh watak, selera dan bakat masyarakat yang ada di daerahnya masing-masing. selain keadaan masyarakat dan sifatnya, faktor alam juga dapat mempengaruhi perkembangan pencak silat itu sendiri, misalnya keadaan tempat, iklim, keadaan sosial dan lain sebagainya.
      pencak silat adalah suatu cara beladiri tang menggunakan akal sepenuhnya. akal yang dimiliki manusia lebih sempurna bila dibandingkan dengan makhluk-makhluk lainnya. Oleh karena itu, tidak mustahil jika manusia dapat menguasai segala macam ilmu di dunia ini.

2.   Asal Usul Pencak Silat

Di Indonesia istilah pencak silat baru mulai digunakan setlah berdirinya top organisasi pencak silat (IPSI). Sebelumnya di daerah Sumatera lebih dikenal dengan istilah Silat, sedangkan ditanah Jawa kebanyakan dikenal dengan istilah Pencak Silat.
      pada periode kepemimpinan Eddie M. Nalapraya, Indonesia memiliki hasrat untuk mengembangkan pencak silat ke mancanegara dengan mengambil prakarsa pembentukan dan pendirian persekutuan pencak silat antar bangsa (PERSILAT) pada tanggal 11 maret 1980 bersama Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. keempat negara tersebut akhirnya dinyatakan sebagai negara negara pendiri organisasi pencak silat internasional.
      Upaya pengembangan pencak silat yang dipelopori Indonesia dan anggota PERSILAT lainnya sampai saat ini berhasil menambah anggota PERSILAT. Penambahan anggota ini memberikan dampak pada usaha IPSI dan anggota persilat lainnya untuk mamasukkan pencak silat ke multi event di tingkat Asia, yaitu Asian Games, dengan membentuk organisasi Pencak Silat Pasific pada bulan oktober 1999.
      Organisasi pencak silat di Indonesia yang disebut dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta di prakarsai oleh Mr. Wongsenogoro, yang saat itu menjabat sebagai ketua pusat kebudayaan.

Pola Gerak Pencak Silat

Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali, yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, yaitu aspek mental spiritual, aspek bela diri, aspek olahraga, dan aspek seni budaya. Dengan demikian, pencak silat merupakan cabang olahraga yang cukup lengkap untuk dipelajari karena memiliki empat aspek yanngg merupakan satu kesatuan utuh dan tidak dapat dipisah-pisahkan.

bentuk pembelajaran sikap dalam pencak silat antara lain sebagai berikut.

a. pembelajaran  sikap berdiri

   
Macam-macam sikap berdiri dalam pencak silat antara lain sebagai berikut.
  1. Sikap salam dan berdoa dilakukan setiap memulai dan mengakhiri pembelajaran atau pertandingan. Hal ini dilakukan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Sikap kangkang merupakan sikap dasar untuk langkah dan kuda-kuda.
  3. Sikap kuda-kuda merupakan persiapan untuk melakukan serangan dan belaan. 
b. Pembelajaran sikap jongkok, duduk dan berbaring

Sikap ini merupakan sikap dasar untuk melakukan permainan bawah. Bentuk gerakannya antara lain.
  1. Sikap jongkok, sikap duduk dan sikap berbaring.
  2. Amati dan lakukan pembelajaran sikap jongkok, sikap duduk, dan sikap berbaring.



c. Pembelajaran sikap pasang
Sikap pasang merupakan sikap untuk memulai serangan atau pembelaan yang berpola
yang dilakukan pada awal atau akhir gerakan. Sikap pasang ada tiga bentuk, yaitu : (1) sikap pasang atas, (2) sikap pasang tengah, (3) sikap pasang bawah


Itulah dia gerakan-gerakan dasar pencak silat kita sebagai warga indonesia harus selalu menjaga keaslian bela diri pencak silat serta mengembangkannya sebagai aspek kebudayaan indonesia yang baik




0 Comments:

Post a Comment

Apakah situs ini membantu silakan komentar di bawah...

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home