Sunday, October 18, 2015

Macam-macam kue tradisional indonesia

Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing, termasuk kue tradisionalnya. Kue tradisional khas Indonesia yang tidak terkontaminasi oleh negara lain nggak kalah enak loh dengan kue-kue elit luar negri. Nah buat kamu pecinta kuliner khas Indonesia tentu sudah nggak asing lagi dengan kue-kue tradisional berikut ini.

# Kue lapis

Kue lapis adalah makanan khas Indonesia. Kue ini biasanya terdiri dari dua warna yang berlapis-lapis, ini yang memberi nama kue ini. Kue ini dibuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, garam dan pewarna. Kue ini dikukus setiap lapisannya sebelum kemudian lapisan di atasnya ditambahkan. Kue ini banyak ditemui di daerah-daerah di Indonesia.Pewarna yang digunakan untuk kue lapis bisa terdiri dari pewarna makanan buatan atau pewarna alami. Pewarna yang sering digunakan adalah pandan (hijau) dan sirup bunga mawar (merah).

  


# Onde-onde

Kue basah ini disebut klepon atau beberapa daerah menyebutnya dengan Onde-onde, sedangkan di sebahagian lain onde-onde adalah kue dari tepung beras ketan yang dilapisi wijen.Klepon yang dimaksud berbentuk bola-bola kecil bertekstur kenyal dan lembut berbalut parutan kelapa yang memiliki banyak varian bahan dan isi yang digunakan. Tetapi yang paling populer adalah cara membuat klepon dengan ciri khas terbuat dari tepung beras ketan yang berisikan gula merah.

Resep Membuat Klepon Ketan Isi Gula Merah













# Doko-doko

kue yang bentuknya persegi panjang ini terbuat dari tepung ketan dan tepung kanji yang dihaluskan bersama gula sehingga rasanya agak kenyal dan  didalamnya diisikan pisang manis lalu dibungkus dengan daun pisang. sebenarnya kue doko-doko memiliki banyak versi ada yang terbuat dari tepung ubi, tepung beras yang berisi klapa parut dan gula merah serta ada bentuknya yang seperti segitiga. kue basa ini sangat enak sehingga sering kita jumpai di pasar kue terdekat atau di acara-acara



















# Cucur 

kue cucur merupakan salah satu dari aneka kue tradisional indonesia yang biasanya kita temukan di berbagai pasar tradisional kususnya di jawa tengah. kue yang berbentuk bulat dengan pinggiran seperti agak gosong dan keriput ini memiliki rasa manis yang dipaduhkan dengan gurihnya dari kelapa yang sangat khas




# Gethuk Lindri

Kue tradisional satu ini terbuat dari dari ketela pohon atau singkong yang dimasak lalu digiling halus bersama dengan gula. Getuk Lindri biasanya memiliki warna yang beraneka ragam untuk menarik pembeli dan disajikan dengan parutan kelapa diatasnya.

kue tradisional khas indonesia - getuk lindri


#Kue Leker

Sekilas kue leker mirip dengan kue crepes yang biasa dijual di mall-mall. Cara membuat kue leker cukup mudah yaitu dengan memasukkan adonan yang terdiri dari tepung terigu, telur ayam, gula pasir, vanili, dan gula jawa ke dalam wajan yang dipanaskan dengan menggunakan bara api dari arang. Adona diratakan hingga menjadi tipis, lalu diatasnya diberikan potongan pisang dan taburan meses. Leker sendiri berasal dari bahasa Belanda “lekker” yang berarti enak. Konon, orang Belanda yang tinggal di Kota Solo sangat menyukai kue ini loh.
kue tradisional khas indonesia - kue leker


# Cenil

Memiliki tektur yang kenyal dan rasanya yang manis membuat cenil banyak disukai. Kue satu ini biasa dijajakan di pasar-pasar. Cenil sendiri merupakan kue yang terbuat dari tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat kecil dan memiliki warna-warna yang menarik. Untuk menyantap cenil biasanya ditambahkan parutan kelapa dan gula pasir agar rasa cenil makin maknyoos.

kue tradisional khas indonesia - cenil


# Kue Rangi

Kue rangi merupakan kue tradisional khas Betawi. Kue ini masih banyak dijumpai di jalan-jalan kok. Kue rangi terbuat dari campuran parutan kelapa dan tepung sagu yang kemudian dicetak dengan cetakan kue berbentuk persegi panjang. Untuk menambahkan kenikmatan dari si kue rangi biasanya akan ditambahkan gula merah yang telah dicairkan.



# Kue Cubit

Bisa dibilang kue cubit ini adalah kue legendaris karena dari dulu hingga sekarang kue ini masih tetap eksis. Kue cubit terbuat dari campuran tepung terigu dan susu yang kemudian dicetak dengan cetakan baja. Kue cubit pun biasa diberikan toping berupa meses untuk menambah rasa nikmat. Nah sekarang ini kue cubit sudah bertransformasi loh yaitu dengan ditambahkan bubuk greentea atau kitkat green tea. Penganan kue cubit greentea ini juga sedang menjadi kue populer di kalangan anak muda.
kue tradisional khas indonesia - kue cubit


# Kue Putu

Tak hanya enak kue putu juga unik banget dalam cara pembuatannya. Butiran tepung beras yang kasar dan gula jawa dimasukkan ke dalam tabung yang terbuat dari bambu lalu kemudian dikukus. Setelah matang kue putu pun dikeluarkan dari bambu lalu diberi parutan kelapa sehingga semakin nikmat. 
kue tradisional khas indonesia - kue putu












hmmm.. lezatnya melihat kue-kue diatas rasanya langsung ingin memakannya semua

Itulah dia kue-kue tradisional indonesia yang sudah ada sejak lama yang diturunkan turun temurun oleh nenek moyang kita kue yang memiliki rasa khas dan unik menjadikan kue-kue ini tetap eksis pada saat ini. kita sebagai orang indonesia patut berbangga akan kuliner indonesia yang begitu lezat gak kalah enak loh dengan kue-kue bule orang luar.



0 Comments:

Post a Comment

Apakah situs ini membantu silakan komentar di bawah...

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home